Monday 30 March 2015

Gunung Papandayan - My First Summit #Preparation

Gunung Papandayan (Source wikipedia )

Yeaaay, my first summit.....
Rencananya gw sama pacar dan 10org member BPI jabodetabek lainnya, mau ke Gunung Papandayan.

Karena menurut si pacar siiihh, Gunung Papandayan cocok buat newbie kaya gw.
Track nya ga terlalu terjal and ga terlalu tinggi juga, katanya kalo jalan santai aja memakan waktu kurang dari 5 Jam. Terus malemnya "nenda" dulu deh di sana. Aaahhh...kebayang dinginnya.


Well, sedikit review tentang Gunung Papandayan yang gw kutip dari wikipedia :
Gunung Papandayan ( Source wikipedia )
Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.
Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.
Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 º C.

Daya tarik Wisata Beberapa lokasi yang menarik dan sering dikunjungi wisatawan diantaranya:
• Kawah Papandayan Merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Pada komplek kawah terdapat lubang-lubang magma yang besar maupun kecil, dari lubang-lubang tersebut keluar asap/uap air hingga menimbulkan berbagai macam suara yang unik. 
• Blok Pondok Saladah Merupakan areal padang rumput seluas 8 Ha, dengan ketinggian 2.288 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini mengalir sungai Cisaladah yang airnya mengalir sepanjang tahun. Lokasi ini sangat cocok untuk tempat berkemah. 
• Blok Sumber Air Panas Letaknya di perbatasan Blok Cigenah, sumber air panas ini mengandung belerang dan berhasiat dalam penyembuhan penyakit kulit terutama gatal-gatal. 
Secara keseluruhan kawasan ini memiliki panorama alam yang indah dengan lingkungan yang relatif masih utuh dan alami yang ditunjang dengan kesejukan udara. 
Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan :
1. Menikmati keindahan dan keunikan alam 
2. Lintas alam 
3. Berkemah 
4. Memotret 
5. Mandi air yang mengandung belerang, untuk pengobatan penyakit kulit.
source from wikipedia
*********************************************************************************
Tapi tetep ajaa yang namanya BARU MAU ke Gunung, agak2 ribet juga pas tau persiapannya ternyata lebih banyak ketimbang main ke laut, hehehehe.
Apalagi pas si pacar tau kalo selain gw belom pernah naik gunung, ternyata gw juga ga punya perlengkapan apapun yang berbau ke-gunung-gunungan. 
Jangankan perlengkapan naik gunung, Sendal gunung aja gw ga punya *hehehehe

Tapi buat yang ga punya perlengkapan naik gunung, ga usah khawatir. Ternyata ada lho tempat penyewaan perlengkapan hiking. 
Mulai dari Carrier Bag, Sleeping Bag, Matras, Tenda, DLL....dengan harga yang cukup murah meriah kok.
Setelah nimbang2 yang perlu ditimbang, gw pun akhirnya sewa untuk beberapa item kaya Carrier Bag sama Matras. Karena harga Carrier cukup mahal kalo buat beli dadakan dan matras juga cukup murah kalo sewa aja *hehehehehe pertimbangan yang pintar kan *lol

Dan akhirnya Kemaren, gw sama pacar coba pergi ke salah satu Outdoor Store di daerah cibubur deket rumah gw. Gw mau cari beberapa item pribadi yang harus gw beli.
Kemaren di Outdoor Store 29/3/15
Pas disana gw malah bingung mau beli apa *hehehe. Untung punya pacar yang ngerti tentang perlengkapan gunung dan laut. Alhasil kemaren gw ngeborong Jaket windbreaker yang dalemnya bahan Polar, Sleeping Bag dan Sendal Gunung.
Menurut Pacar sih, sementara itu dulu yang harus gw beli, karena gw masih pemula dan Gunung yang mau gw daki juga ga terlalu extream, jadi belom butuh perlengkapan yang "anak gunung" banget. 

Buat yang BARU MAU ke Gunung juga kaya gw, mungkin bisa di intip dulu listingan barang yang wajib di bawa, siapa tau masih bisa nyicil bebelian dulu :
1 Tas Carrier minimal 50 liter
2 Geiter WAJIB
3 Matras
4 Celana Lapangan
5 Sleeping bag
6 Jaket Gunung (Cold Proof, Water Proof, Wind Proof)
7 Jas Hujan / ponco
8 Sepatu Outdoor 
9 Sendal Gunung 
10 Pakaian ganti (baju, dalaman)
11 Kupluk / slayer
12 Sarung tangan & kaos kaki
13 Alat makan. Nesting, Sendok, Garpu
14 Botol Minum WAJIB
15 Printilan Outdoor (Korek, pisau, tali dll)
16 Obat-obatan pribadi 
17 Alat bersih-bersih (tisu basah & kering, dll)
18 Senter/ HeadLamp
19 Baterai Cadangan
20 Trash bag sedang 
21 Masker
22 Treking Pole 
23 Topi & kacamata
24 Perlengkapan sholat 
25 Kain, Peniti, Jarum & benang Jait
Oiyaaa....yang penting sih, jaga kondisi badan dan latihan fisik dari jauh2 hari, selain buat persiapan fisik najak2, latihan fisik juga bisa sekalian buat sehat juga kok.

So, Tungguin cerita My First Summit ke Papandayan selanjutnya yooo ^_^

1 comment:

  1. pabrik frame tenda Bandung sejak 1980
    www.frametendadome.com
    www.frametendadome.blogspot.co.id

    ReplyDelete