Wednesday 25 March 2015

The Lava Tour at Gunung Merapi - Jogjakarta #Day-3

Kali Adem - Lava Tour Merapi 16/11/2014
Hari terakhir gw sama pacar dan yang lain di Jogja, ditutup dengan tour menelusuri jalur lava pasca erupsi gunung merapi yang terakhir terjadi pada 26 Oktober 2010.

ga disangka sangka bencana alam yang memakan korban jiwa termasuk sang Juru Kunci "Mbah Marijan" dan meluluhlantahkan kurang lebih 3 desa sekitar, sekarang telah menjadi salah satu objek wisata indah, yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja. yang biasa kita sebut "Lava Tour Merapi"


dalam tour tersebut terdapat beberapa pilihan paketnya :

PAKET PENDEK Rp. 350.000,-
Durasi Waktu : 2,5 Jam
Rute: Basecamp di kaliurang-Desa Petung- Makam Masal Korban Erupsi merapi - Kaliadem-Bunker kali adem-Kali Gendol-Hamparan pasir di Desa Jambu-Batu Alien-Museum Sisa Hartaku- Kali Kuning- Finish basecamp Kaliurang.

PAKET MEDIUM Rp. 400.000
Durasi Waktu 3 Jam
Rute: Basecamp di kaliurang-Desa Petung-Makam Masal Korban Erupsi merapi-Kaliadem-Bunker kali adem-Kali Gendol-Hamparan pasir di Desa Jambu-Batu Alien-Museum Sisa Hartaku- Kampung Mbah Maridjan -Kali Kuning- Finish basecamp Kaliurang.
Keterangan : Setelah Sampai kampung Mbah Maridjan  untuk sampai ke Beas Rumah Mbah Maridjan Peserta harus naik Trail.

PAKET LONG Rp. 500.000,-
Durasi Waktu 4 Jam
Rute: Basecamp di kaliurang-Desa Petung- Makam Masal Korban Erupsi merapi - Kaliadem-Bunker kali adem-kali Gendol-Hamparan pasir di Desa Jambu-Batu Alien-Museum Sisa Hartaku- Kampung Mbah Maridjan –Makam Mbah Maridjan desa srunen-Kali Kuning- Finish basecamp Kaliurang.

Karena waktu kami yang mepet dengan jadwal kepulangan kami menggunakan kereta, jadi kami mengambil paket tour pendek. Bersama 9 orang, kami jadi bisa share cost untuk biaya paketnya.

Tour menggunakan Jeep ini benar-benar menambah keseruan perjalanan.
petualangan baru antara wisata alam yang tercipta karena bencana alam dan tempat2 yang telah menjadi bagian sejarah baru di Jogja.

Lava Tour Merapi 16/11/2014

First Destination - Kali Adem
Kaliadem awalnya adalah suatu kawasan hutan pinus seluas 25 hektare dengan ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut, di lereng selatan Gunung Merapi. Kaliadem berada dalam wilayah administratif DesaKepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, ± 25 - 30 km utara Kota Yogyakarta. 
Kali Adem - Lava Tour Merapi 16/11/2014
Tapi pasca bencana erupsi, tempat wisata ini berubah menjadi hamparan padang batu dengan udara yang masih sangat sejuk dan dingin, menjadikan tempat wisata ini terlihat sangat eksotik

2nd Destinantion "Musium Mini - Sisa Hartaku" 
sebenernya ada pemandangan lain saat melihat sisaan abu vulkanik yang masih menempel di setiap sudut salah satu rumah warga yang sekarang dijadikan musium mini ini, agak memilukan ngeliatnya. Bener-bener cuma sisaan yang tersisa disana.

Musium Mini - Lava Tour Merapi 16/11/2014

Musium Mini - Lava Tour Merapi 16/11/2014

Musium Mini - Lava Tour Merapi 16/11/2014

Musium Mini - Lava Tour Merapi 16/11/2014

Next Destination Bunker. 
Bunker adalah tempat untuk masyarakat sekitar berlindung dari bencana alam, sayangnya pada saat erupsi tahun 2010 kemarin, Bunker ini sudah tidak dapat digunakan, karena tempat ini sudah rusak "dijebol" lelehan lava pada saat erupsi di tahun 2006

Foto Bunker sebelum erupsi tahun 2006


Bunker pasca erupsi  - Lava Tour Merapi 16/11/2014

warga sekitar menjual bunga edelweis di dekat Bunker

Next : Keunikan Batu Alien
Ada fenomena baru yang tiba-tiba muncul setelah erupsi 2010 kemarin.
adanya batu berukuran raksasa yang menyerupai wajah manusia, karena bentuknya aga aneh, jadi Batu raksasa ini disebut sebagai Batu Alien.

Batu Alien  - Lava Tour Merapi 16/11/2014
Destinasi terakhir ke Kali kuning, sayangnya saat disana cuacanya tidak mendukung. Hujan turun cukup deras, jadi kami terpaksa kembali ke basecamp dan mengakhiri tour ini.

Sekian Kota Jogja dan tempat2 wisatanya yang Amaziiiing banget....

Next masih banyak cerita tentang trip2 cantik ala travellgulali.blogspot.com
pantengin terus yaa ^_^

No comments:

Post a Comment